Rabu, 26 Juli 2017

Wahai Para Pedagang, Jujurlah Dalam Jual Beli!!

Jujurlah Dalam Jual Beli - Seperti yang kita sadari, setiap hari kita tidak terlepas dari yang namanya transaksi jual beli. Baik di pasar, supermarket, jalan, dan lain sebagai selalu ada transaksi jual beli. Tapi, muncul satu pertanyaan, sudah seberapa jujurkah kamu dalam berjualan? Seperti yang kita tau banyak kasus penipuan - penipuan yang terjadi di tengah masyarakat kita ini, seperti misalnya takaran yang tidak sesuai dengan berat aslinya, menjual makanan yang sudah kadarluasa, mencampur bahan - bahan berbahaya ke dalam makanan dan masih banyak lagi. Satu pertanyaan saya untuk apa melakukan hal ini? Apa manfaatnya kamu melakukan ini? Hanya demi mendapatkan keuntungan yang sedikit?? Hanya untuk memenuhi kebutuhan mu sehari - hari? hanya itu kah engkau tega menipu orang lain??



Ingatlah wahai saudaraku, hidup dunia cuma sebentar gak lama. Apa yang hendak kamu cari di dunia ini? Kekayaan? Kehidupan yang bermegah - megahan? Setelah itu apa? Gak ada, setelah engkau mati apa yang kau bawa untuk bekal akhiratmu? Mobil mewahmu kah? Rumah mu yang 4 lantai itu kah? Batang - batang emas yang engkau timbun itu kah? Tidak sama sekali, engkau tidak membawa apapun dari dunia ini kecuali amal sholehmu. Lantas kenapa begitu banyak orang yang tega menipu orang lain demi mendapatkan keuntungan semata??

Jujur, saya menulis artikel ini dikarenakan risih dengan terjadinya banyak penipuan dalam jual beli, terutama di zaman yang semakin canggih ini orang memanfaatkan fasitilas online untuk melakukan penipuan. Kamu bisa searching di google dengan keyword "Penipuan Online" dan lihatlah yang terjadi, akan muncul berbagai macam kasus penipuan online yang terjadi dengan orang yang sama ataupun dengan orang yang berbeda.

Sadarlah wahai saudaraku, tenangkah hatimu setelah melakukan penipuan? Saya rasa tidak, engkau akan diikuti rasa takut, rasa bersalah, bahkan rasa penyesalan karena pernah melakukan penipuan. Dan engkau tau apa yang terjadi jika engkau mati dalam keadaan seperti ini dan belum sempat bertobat serta mengembalikan hak - hak orang yang telah engkau zalimi? Sungguh neraka lebih pantas untukkmu.

Wahai saudaraku, penipuan yang engkau lakukan tidak akan baik untukmu. Harta yang bukan hak mu, akan Allah ambil lagi dengan sendirinya bisa dengan engkau diberi sakit, musibah, dan lain sebagainya. Untuk apa kamu melakukan itu? Bukan kah yang bukan menjadi hak mu akan kembali lagi? Lantas, apa yang engkau cari? 

Wahai saudaraku, jujurlah engkau dalam melakukan transaksi jual beli. Sesungguhnya Allah lah yang memudahkan transaksi jual beli, jika engkau jujur. Kalau lah hanya demi keuntungan yang tak seberapa itu engkau sanggup menipu orang lain, sungguh murka-Nya Allah akan meliputimu hidupmu. Engkau tidak akan pernah tenang memakan uang yang bukan hak mu, hidupmu pasti akan susah, engkau tidak akan pernah merasakan kebahagiaan yang sebenarnya. 

Wahai saudaraku, mulai sekarang mari kita belajar jujur dalam berjualan. Apapun itu yang menyangkut suatu produk, jujurlah kepada konsumen. Ceritakanlah hal yang sebenarnya tentang produkmu kepada konsumen, walaupun keuntungan yang engkau dapat tidak sebanding dengan engkau menipu, tapi engkau akan lebih bahagia karena uang yang engkau dapat lebih berkah di sisi Allah.

Baca juga - Cara Mengetahui Penipuan Jual Beli Online Shop

Semoga artikel singkat ini, dapat memberikan kita sedikit renungan tentang kejujuran dalam transaksi jual beli. Sehingga kita menjadi orang yang lebih amanah dalam melakukan transaksi jual beli dan tidak merugikan konsumen kita

"Kejarlah dunia seolah - olah engkau akan hidup 1000 tahun, tapi ingat jugalah akhiratmu seolah - olah engkau akan mati esok hati."





0 komentar :

Posting Komentar

# # # # # # # # # #