Rabu, 26 Juli 2017

Cara Melayani Konsumen / Pelanggan Dengan Baik Dalam Bisnis Online

Cara Melayani Pelangggan Dengan Baik - Kita sering mendengar slogan bahwa konsumen adalah raja. Yep, yang namanya seorang raja tentu harus dilayanin dengan baik dan ramah, bukan? Begitu jugalah seorang konsumen. Kita sering menjumpain berbagai macam tipe - tipe konsumen, ada konsumen yang banyak nanyak, ada juga konsumen yang tidak banyak nanyak langsung transaksi, dan ada juga tuh konsumen yang udah banyak nanyak tapi gak jadi beli hehehe..

Terlepas dari berbagai macam karakter dari konsumen atau pelanggan, kita harus tahu bagaimana cara melayani mereka dengan baik. Tak jarang, konsumen yang tidak jadi melakukan transaksi dikarenakan buruknya pelayanan dari seorang penjual. Seperti misalnya, penjual kurang murah senyum, penjual menjawab pertanyaan konsumen dengan singkat - singkat, penjual yang hanya ingin melayani konsumen yang mau membeli dan lain sebagainya.

Ingatlah bahwa, sebuah produk itu bisa laku atau tidaknya hanya karena sebuah pelayanan. Misalnya, jika ada konsumen yang suka bertanya, jawablah pertanyaan mereka dengan ramah, cari tahu apa kebutuhan mereka, berikan mereka alternatif - alternatif. Sehingga, walaupun pada saat itu konsumen tersebut tidak ingin membeli, setidaknya ketika dia butuh suatu produk sesuai dengan yang kamu jual, pasti dia langsung teringat sama kamu. Karena apa? Kesan positif itu akan membekas dalam benak konsumen. Berbeda halnya dengan pelayanan yang buruk, seperti menjawab dengan singkat, menjawab dengan emosi dan lain sebagainya. Konsumen akan memberikan citra negatif kepada online shop atau bisnis yang sedang kamu jalanin. Baiklah, pada artikel ini saya coba membagikan beberapa cara dalam melayani konsumen dengan baik, berdasarkan pengalaman saya dalam menggeluti bisnis online shop.

1. Fast Respon



Salah bentuk melayani konsumen adalah jawablah pertanyaan konsumen dengan cepat dan tepat. Fast respon salah satu yang menentukan peluang terjadi transaksi jual beli. Misalnya, pada awalnya konsumen ingin membeli produk yang kamu jual, dikarenakan lambatnya kamu merespon, tentu ada beberapa konsumen yang tidak stuck membeli produk tersebut hanya di tempat kamu. Konsumen akan mencari olshop - olshop lain yang menjual produk yang dia cari. Alhasil, jika olshop lain lebih fast respon dibandingkan kamu, berarti kamu sudah membuat satu peluang untuk terjadinya transaksi jual beli. So, mulai sekarang bejalarlah untuk lebih cepat membalas pertanyaan - pertanyaan konsumen

2. Bantu Konsumen Memecahkan Masalah


Banyak dari konsumen yang sering bertanya seperti "Ini ukuran size L lebar dan panjangnya berapa yah?" atau "Ini bahan katun combed maksudnya seperti apa". Pertanyaan - pertanyaan yang konsumen tanyakan kepada kita, harus dapat kita jawab. Karena ini adalah salah satu cara kita menghargai konsumen dengan baik. Kebanyakan dari konsumen mungkin pernah mengalami pengalaman yang buruk saat belanja online, misalnya ukuran nya tidak sesuai standart / kekecilan, bahannya tidak sesuai ekspetasi mereka, dan lain sebagainya. Maka dari itu, disitulah kita mempunyai peluang untuk mendapatkan hati dari konsumen

3. Berikan Mereka Alternatif


Terkadang konsumen sering bingung dengan produk yang ingin dia beli. Misalnya, ada 2 produk yang dia suka, tapi dia hanya ingin membeli salah satu dari produk tersebut. Disinilah saatnya kamu memainkan peran sebagai penjual. Seperti misalnya, "Kalau menurut saya sih yang ini mbak, karena dari segi bahan yang ini lebih bagus" atau "Yang ini sizenya lebih slimfit mas, jadi lebih cocok digunakan untuk orang yang berat badannya 50kg - 60kg" Contoh sederhana dari alternatif yang kamu berikan bisa seperti itu. Konsumen akan sangat loyal dengan kita, jika kita mampu memecahkan masalah dalam menentukan produk dan memberikan alternatif - alternatif pilihan, sehingga akan lebih mudah terjadinya transaksi jual beli

4. Sabar



Untuk yang satu ini sudah tidak diragukan lagi, karena tidak semua konsumen yang akan belanja di online shop kita sesuai dengan apa yang kita mau. Ada berbagai macam karakter dari konsumen yang harus kita hadapi, untuk itulah diperlukan kesabaran dalam melayanin konsumen. Jika tidak sabar, maka kamu sudah membuang peluang mendapatkan hati konsumen.

5. Layani Dengan Senyuman


Dalam bisnis online kita lebih sering melayanin konsumen via chat. Nah, agar chat kamu dengan konsumen tidak terlihat kaku, berikanlah emote - emote senyuman kepada konsumen dengan tepat dan tidak berlebihan. Misalnya "Terima kasih mbak sudah belanja di jaket distro medan :) "

6. Berikan Feedback yang Positif

Hal ini hampir sama dengan poin - poin sebelumnya, akan tetapi yang lebih saya tekankan disini adalah akhir dari sebuah chat. Misalnya, jika konsumen mengatakan "Terima kasih yah mas, barang nya bagus", bagaimana respon kamu? Hanya sekedar membaca atau memberikan feedback? Jika sekedar membaca, menurut saya ada baiknya hal tersebut dirubah. Jika ada konsumen yang mengucapkan terima kasih kepada kamu karena produk yang kamu jual, alangkah baiknya kamu membalasnya dengan "Iya mbak / mas, sama - sama ditunggu ya orderan berikutnya" atau "Sama - sama mbak / mas, kalau ada waktu tag foto menggunakan produk kita ya, nanti kita post di IG" Seperti itulah kira - kira. Kata - katanya bisa kamu kreasikan sendiri sesuai kondisi saat keadaan tersebut berlangsung.

Untuk saat ini, saya kira sekian dulu artikel saya tentang "Tips Melayanin Konsumen Dalam Bisnis Online Dengan Baik", jika ada cara terbaru lagi akan saya update lebih lanjut. Untuk kamu yang punya pengalaman cara melayanin konsumen, sharing dong di kolom komentar, siapa tahu bermanfaat buat orang - orang yang baru menekuni bisnis online. Bagaimana sudahkah kamu melayanin konsumen mu dengan baik???

Baca artikel lain juga yuk tentang - Kelemahan Menjadi Reseller Dalam Bisnis Online / Offline

0 komentar :

Posting Komentar

# # # # # # # # # #