Minggu, 14 Agustus 2016

Pengertian Dropship Dalam Bisnis Online

Pengertian Dropship -  Pada kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan sedikit ilmu yang saya tahu tentang sistem dropship dalam bisnis online. Mudah - mudahan bisa memberikan gambaran kepada kamu yang ingin memulai bisnis online.

Menjadi Dropshipper

Sebelum kita mengenal lebih lanjut untuk menjalan sistem dropship, ada baiknya kita kenalan dulu apa sih itu dropship? dropshipper? dropshipping?

Dropshipping merupakan teknik pemasaran dimana penjual hanya bertindak sebagai perantara antara pembeli dan supplier. Orang yang melalukan hal tersebut disebut dropshipper. Pernah tau istilah agen? Nah, kira - kira seperti itu deh gambaran dari kerja sebagai dropshipper.

Kenapa sih di dalam bisnis online sistem  dropship ini harus ada? Apa yang saya dapatkan dari sini? Sistem dropship ini ada karena kebanyakan dari pelaku bisnis online pemula masih takut untuk menyetok barang karena takut rugi atau tidak laku, malas melakukan packing - packing barang, dan yang pasti tidak mau ribet tentunya. Sudah mulai paham kira - kira apa keuntungan menjadi dropshipper? Jika belum mungkin artikel ini bisa lebih menjelaskan tentang Keuntungan Dropship

Cara Kerja Sistem Dropship




Ilustrasi Dropship
Nah, sistem dropship secara sederhana di gambarkan seperti gambar di atas. Dimana kamu hanya sebagai perantara antara pembeli dan supplier. Supplier maksudnya adalah orang yang menyediakan produk tersebut. 

Sebagai contoh, jika ada pembeli yang membeli melalui kamu (sebagai dropshipper), lalu kamu meneruskan orderan pembeli kepada supplier dan supplier mengirimkan barang tersebut kepada pembeli. Cukup simple bukan?  

Maka, setiap orderan yang masuk melalui kamu, kamu cukup menaikkan barang tersebut dari harga supplier. Sebagai contoh, supplier menjual dengan harga 100.000. Kamu bisa menaikkan harga menjadi 20.000. Maka setiap ada transaksi kamu mendapatkan keuntungan sebesar 20.000. 

Akan tetapi, bisnis online sistem dropship juga memiliki kekurangan yang sangat fatal apabila antara kamu dan supplier tidak memiliki hubungan komunikasi yang baik. Maksudnya disini adalah, supplier sangat lambat merespon pesan atau bbm yang kamu kirim, supplier tidak mengirim barang sesuai dengan pesanan pembeli kamu.

Karena ini sistem dropship berarti semua orderan kamu serahkan kepada supplier, apabila supplier kamu tidak bisa menjaga amanah dengan baik, misalnya barang dikirim salah warna, cacat, rusak, ataupun hal yang lain maka konsumen akan komplain kepada kamu, dan ini sangat berdampak pada bisnis online yang sedang kamu bangun. Maka dari itu, penting juga mempelajari tentang Kelemahan Sistem Dropship

Bagaimana sudah mendapatkan gambaran tentang dropship? Sekarang lanjut lagi yuk pelajari tentang cara memulai bisnis sistem dropship

Sekian artikel saya tentang "Sistem Dropshipping", semoga bermanfaat


1 komentar :

# # # # # # # # # #