Senin, 15 Agustus 2016

Cara Memulai Bisnis Online dengan Sistem Dropship

Cara Kerja Sistem Drosphip














Cara Kerja Dropship - Pada beberapa artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang pengertian dropshipkeuntungan dropship dan kelemahan dropship. Setelah kamu mendapatkan gambaran tentang bisnis online dengan sistem dropship, selanjutnya saya akan membagi beberapa cara jika kamu ingin memulai bisnis online sistem dropship. Adapun beberapa tips dan triknya saya bagikan di bawah ini.

Cara Kerja Sistem Dropship Untuk Pemula

1. Tentukan Produk Yang Ingin Dijual

Langkah pertama sekali yang harus kamu pikirkan untuk memulai sistem dropship adalah memikirkan produk apa yang ingin dijual. Ada begitu banyak produk - produk yang bisa kamu jual melalui sistem dropship seperti pakaian, tas, sepatu, alat kosmetik, bahkan makanan sekalipun. Setelah kamu sudah menentukan produk apa yang ingin kamu jual, langkah selanjutnya adalah mencari supplier / vendor

2. Mencari Supplier / Vendor

Bagaimana mencari supplier / vendor? pertanyaan yang pasti muncul pertama kali di benak kamu. Cara mencari supplier sangatlah mudah, sekarang sudah zamannya teknologi, kamu tidak perlu keluar rumah untuk mendatangi tiap - tiap toko dan menawarkan sebagai dropshipper. 

Langkah pertama untuk mencari supplier adalah melalui google. Pada tahap awal kamu sudah mendapatkan produk apa yang ingin dijual. Katakanlah saya ingin menjual pakaian seperti kaos polos misalnya. Selanjutnya ketik di google dengan kata kunci "supplier kaos polos". Maka, akan muncul banyak pencarian yang menginformasikan tentang supplier kaos polos. Atau kamu bisa juga menambahkan daerah mana yang ingin targetkan misalnya "Supplier kaos polos medan", maka hanya supplier - supplier dari medan saja yang akan muncul di pencarian kamu. 

Langkah kedua, setelah mendapatkan informasi tentang supplier, catatlah beberapa contact person masing - masing supplier yang kamu dapatkan. Kemudian hubungi mereka, dan tanyakan apakah saya bisa bergabung menjadi dropshipper pada online shop Anda? Jika iya, maka kamu telah mendapatkan supplier

3. Temukan Vendor Yang Memiliki Kredibilitas

Setelah kamu mendapatkan beberapa supplier, lakukan uji coba apakah supplier yang kamu pilih sudah tepat atau belum. Dan ini tentunya kamu harus memerlukan modal. Coba order dari tiap supplier barang yang sama atau barang yang berbeda juga boleh. Lihat kondisi dari produk yang kamu order, apakah ada cacat? apakah kualitasnya kurang bagus? Jika iya, coba tanyakan kepada supplier bagaimana prosedur untuk melakukan retur barang? Supplier yang baik akan memberikan kesempatan kepada konsumen untuk melakukan retur barang apabila terjadi cacat pada barang. Jika supplier menolak untuk melakukan retur, sebaiknya jangan menjadi dia sebagai supplier dalam bisnis kamu ke depannya.

Untuk menemukan vendor yang memiliki kredibilitas, kamu bisa juga membaca pada artikel saya berikut ini yang berjudul "
Cara Mendapatkan Supplier / Vendor Untuk Online Shop Yang Tepercaya"

4. Promosikan di Media Sosial

Promosikan barang yang ingin kamu jual di sosial media seperti BBM, Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Karena menurut saya, keempat sosial media di atas merupakan media sosial yang paling sering digunakan. Sehingga peluang barang kamu untuk dilihat oleh orang banyak akan terbuka lebar. Baca juga tentang "Cara Mempromosikan Barang / Bisnis di Sosial Media"

5. Promosikan di Market Online 

Market Online yang saya maksud disini seperti bukalapak dan tokopedia. Karena kedua market online tersebut sudah 100% bebas penipuan apabila kamu melakukan transaksi. Jadi, konsumen kamu tidak akan tertipu apabila mereka takut kamu tidak mengirim barangnya. Selain itu, keuntungan mempromosikan barang melalui market online seperti bukalapak ataupun tokopedia, jangkauannya akan lebih luas. Seluruh Indonesia bisa melihat produk yang kamu jual. 

Sekian artikel saya tentang Cara Kerja Dropship Untuk Pemula, semoga bermanfaat


0 komentar :

Posting Komentar

# # # # # # # # # #